UPAYA GURU AL-QUR‟AN HADITS MENGATASI KESULITAN SISWA KELAS VII DALAM MEMBACA AL-QUR‟AN DI MTs MAZRO‟ILLAH KOTA LUBUKLINGGAU

Abdul Mutasir

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Guru dalam proses belajar mengajar mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing dan memberikan fasilitas belajar kepada siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. guru juga mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas untuk membantu proses perkembangan intelektualitas siswa. Oleh karena itu, guru harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan profesinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur‟an, kesulitan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur‟an, upaya guru Al-Qur‟an Hadits mengatasi kesulitan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur‟an di MTs Mazro‟illah Kota Lubuklinggau. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang berarti menggunakan huruf-huruf bukan angka-angka. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian diubah menjadi data tertulis supaya tidak keluar dari kaidah metode kualitatif. Metode deskriptif juga dibutuhkan dalam penelitian ini untuk menguraikan penjelasan dari hasil analisis. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian lapangan, peneliti menyimpulkan bahwa: pertama, kemampuan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur‟an di MTs Mazro‟illah Kota Lubuklinggau adalah: sangat beragam, ada yang sudah lancar dan tajwidnya sudah benar, ada yang sudah lancar tetapi tajwidnya masih ada yang salah, ada yang sudah lancar tetapi penyebutan makharijul huruf masih ada yang salah dan masih ada pula yang membacanya belum begitu lancar dan tajwid serta makharijul hurufnya masih banyak yang salah. Kedua, kesulitan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur‟an di MTs Mazro‟illah Kota Lubuklinggau adalah: siswa masih belum bisa membedakan huruf yang sejenis misalnya huruf ج ح خ , siswa kesulitan menyambung bacaan huruf Al-Qur‟an, kesulitan memahami harokat ketika membaca Al-Qur‟an, belum memahami tajwid terutama panjang dan pendek, kesulitan mempraktekkan cara bacaan makhraj huruf yang di praktekkan, lambat dalam belajar dan siswa sulit dalam berkonsentrasi dalam belajar. Ketiga, Upaya Guru Al-Qur‟an Hadits Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas VII Dalam Membaca Al-Qur‟an di MTs Mazro‟illah Kota Lubuklinggau adalah dengan pengelompokan sesuai kemampuan siswa, pemberian motivasi terhadap siswa yang kesulitan tersebut akan pentingnya bisa baca Al-Qur‟an, mengenalkan huruf-huruf hijaiyyah, cara mengucapkannya, cara menyambungkan huruf yang satu dengan yang lain, serta cara membaca yang benar dalam setiap sambungan huruf tersebut, pemberian tugas (PR) membaca Al-Qur‟an, penggunaan metode yang tepat, serta menjelaskan kembali apabila siswa tersebut belum paham.

Metrics

  • 138 views
  • 69 downloads

Publisher

Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bumi Silampari Lubuklinggau merupakan salah satu lembaga pendid... see more