ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU

Kardimin Kardimin

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Sekolah dituntut untuk memiliki kemandirian untuk mengatur dan mengurus kepentingan sekolah menurut kebutuhan dan kemampuan sendiri serta berdasarkan pada aspirasi warga sekolah dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundang-undangan pendidikan nasional yang berlaku. Hal ini terutama ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan, khususnya pada pendidikan menengah. Untuk mewujudkan dan mengatur hal tersebut, maka melalui Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional dijelaskan tentang prinsip utama standar minimal yang harus dimiliki atau diadakan oleh lembaga pendidikan, terutama pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Jenis penelitian field research (penelitian lapangan), pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pendekatan Model Miles and Huberman dan Teknik Keabsahan data. Temuan penelitian diketahui Kondisi Sarana dan Prasarana Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lubuklinggau dapat dikategorikan kurang memadai dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu Dalam perencanaan pengelolaan sarana prasarana Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Lubuklinggau belum memadai sebab belum tersedianya sarana seperti tempat ibadah (masjid atau mushola), mushaf Al-Qur’an, perpustakaan yang terbatas dan media Pendidikan Agama Islam, sehingga untuk pembangunan khususnya sarana dan prasarana Pendidikan Agama Islam belum dapat terpenuhi. Untuk pengelolaan Sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Lubuklinggau yakni adanya SDM yang unggul serta untuk sumber dana didapat dari bantuan dana BOS yang berasal dari APBN. Disamping itu, banyaknya orang yang terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarna yang ada di sekolah terutama dalam penggunanya, sehingga pengelolaan sarana dan prasarana tidak dapat berjalan secara efektif dan efisien. Hal ini menunjukan bahwa banyaknya pengguna sarana dan prasarana dapat mempengaruhi pengelolaan sarana dan prasarana.

Metrics

  • 155 views
  • 85 downloads

Publisher

Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bumi Silampari Lubuklinggau merupakan salah satu lembaga pendid... see more